Jenis Kilang dan Produk PT. Pertamina (Persero) UP IV Cilacap

Post On: 10 Maret 2016 | By:

PT. Pertamina (persero) Refinery Unit (RU) IV Cilacap terletak di Komplek Kawasan Industri Kab. Cilacap, yang  merupakan salah satu dari 7 unit pengolahan di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi paling besar yaitu 348,000 barrel perhari (BPH) dan merupakan Unit Pengolahan (UP) dengan fasilitas terlengkap. Kilang ini mensuplai 34% kebutuhan BBM nasional dan 60% kebutuhan BBM di Jawa.

pertamina-cilacap

Kilang yang ada di PT PERTAMINA (PERSERO) Unit Pengolahan IV Cilacap terdiri atas :

Kilang Minyak I

Mulai beroperasi sejak tahun 1974  dan memiliki kapasitas produksi 118.000 BPH yang memproses minyak mentah dari timur tengah. Minyak mentah dari timur tengah dipilihkarena memiliki karakter yang berbeda dari minyak dalam negeri yang kurang memadai untuk menghasilkan BBM, Aspal Dasar minyak Pelumas (NBM atau  Lube base oil)

Kilang Minyak II

Mulai beroperasi tahun 1988 dan sekarang kapasitas produksinya telah mencapai 230,000 BPH yang mengolah minyak “campuran” dari dalam dan luar negeri.

Kilang Paraxylene

Dibangun pada 1988 dan menghasilkan NBM dan petrokimia yang berguna sebagai Bahan Baku Pure Terephthalic Acid (PTA), Bahan Baku Dimethyl Terephthalate (DMT), Bahan Baku Polyesters, Solvent, Bahan Baku Di-Paraxylene dan Herbisida. Saat ini Kapasitas Produksinya 270.000 Ton/tahun.

Cara Mendapatkan Modal Usaha-dari CSR  Perusahaan di Cilacap

Produk yang Dihasilkan PT PERTAMINA (PERSERO) RU IV Cilacap :

1. Aspal. Aspal hasil produksi PT PERTAMINA (PERSERO) ini digunakan untuk pembuatan jalan dan landasan pesawat , pelindung / coating anti karat, isolasi listrik, kedap suara, penyekat suara dan getaran pada lantai Dikemas dalam bentuk curah (drum) dan kemasan karton 5, 10, 20 dan 25 kg.

2. Heavy Aromate diproduki oleh unit Naptha Hydro Treater yang bermanfaat sebagai bahan solvent.

3. Lube Base Oil, merupakan bahan baku pelumas Dasar berwujud cair yang digunakan untuk mesin berat ataupun ringan dan sebagai bahan kosmetika.

4. – Low Sulphur Waxy Residue, sebagai bahan baku yang akan diproses lebih lanjut menjadi produk BBM, NBM dan sebagai pemanas ruangan di negara-negara bermusim dingin.

5. Minarex, digunakan sebagai bahan produksi pada industri barang karet, ban dan tinta cetak yang berfungsi memperbaiki proses pemekaran karet dan menurunkan komponen kekentalan karet. Pada industri cetak minarex berfungsi sebagai pelarut agar kualitas tinat menjadi lebih baik. Produknya yaitu Minarex A, B, H.

6. Paraffinic Oil. Juga banyak digunakan dalam industri produk karet, misalnya karet ban bermotor, tali kipas, onderdil kendaraan, polymer karet alam dan karet sintetis dan base oil untuk tinta cetak. Jenis Produk Paraffinic Oil 60 dan 95.

7. Toluene, berbentuk cair sebagai bahan baku peledak, solvent, pewarna, pembuat resin, parfum,plasticizer dan obat-obatan.

8. Slack Wax, Merupakan campuran dari minyak dan wax dan berbentuk cair, yang terdiri dari Slack wax SPO, DAO, LMO dan MMO. Digunakan dalam industri lilin, kosmetik  (misalnya vanishing cream, emollient cream, protective cream, sun screen cream, lipstick, cream rough, eyebrow pencils, shaving cream ). Selain itu juga digunakan untuk keperluan tinta cetak, tinta kertas maupun karbon dan industri kertas.

Baca Juga

Bahaya Manfaat Kerokan

Mengenal Diabetes

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari CSR Perusahaan di  Cilacap

Goa Ratu Nusakambangan Mistik  dan Menakjubkan

Komunitas-di Cilacap yang Asyik danBermanfaat

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Cilacap Maret 2016

Jadwal SIM Keliling POLRES Cilacap

Batik Keren Cantik dan Unik dari Cilacap

Cara dan Syarat Mengurus SIM di POLRES Cilacap

Jenis Kilang dan Produk PT Pertamina Persero UP IV Cilacap

Bandara Tunggul Wulung akan menjadi Bandara Komersil

Tempat Wisata Nusakambangan

Cara mengurus STNK yang hilang

Klinik Bhina Husada 1 Menerima Pasien BPJS

Menu Kuliner Cilacap yang Wajib Dicicipi

Keindahan Pantai Teluk  Penyu Cilacap

 

 

pt pertamina (persero) up iv jasrum lomanis kabupaten cilacap jawa tengah, PT Pertamina ( Persero ) Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, pt pertamina persero refinery unit iv kabupaten cilacap jawa tengah, PT Pertamina Persero Refinery Unit IV Kabupaten Cilacap Jawa Tengah 53221