Bandara Tunggul Wulung Cilacap akan menjadi bandara Komersil

Post On: 5 Maret 2016 | By:

Bandar Udara Tunggul Wulung  yang terletak di sebelah barat Kota Cilacap, tepatnya di daerah Jeruk Legi ini merupakan satu-satunya Bandar Udara di wilayah eks Karesidenan Banyumas yang sangat berpotensi. Targetnya adalah para penumpang kalangan pebisnis maupun masyarakat yang membutuhkan waktu singkat untuk menuju dari satu tempat ke tempat lain dengan jarak yang sangat jauh. Hal ini didukung dengan Cilacap sebagai kota industri serta ditambah dengan Kabupaten Banyumas dan Purbalingga yang juga merupakan daerah perindustrian yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Selama ini para pelaku bisnis di Cilacap, terutama di lingkungan Pertamina Unit Pengolahan (UP) IV Cilacap dan PT. Semen Cibinong Tbk. selalu menggunakan jasa penerbangan melalui Jakarta atau Semarang. Selain itu Cilacap juga merupakan kota yang memiliki banyak tempat pariwisata, masyarakat akan dipermudah dengan adanya Bandar Udara Tunggul Wulung sebagai sarana transportasi.

Bandar udara ini memiliki panjang landas pacu sepanjang 1.400 m x 30 m. Bandara  ini merupakan bandar udara kelas III yang dikelola oleh UPT Ditjen Perhubungan Darat. Beberapa maskapai yang pernah beroperasi di bandara ini adalah Wings Air dan Merpati Nusantara Airlines. Hingga saat ini  Maskapai yang aktif beroperasi yaitu Susi Air yang membuka jalur penerbangan Cilacap-Pangandaran (Bandar udara Nusawiru) dan Cilacap – Jakarta (bandar Udara halim Perdanakusuma). Hasil gambar untuk Bandar Udara Tunggul Wulung Dalam pengembangannya Bandara Tunggul Wulung dipastikan akan segera dikembangkan menjadi bandara komersial. Bahkan Maskapai Garuda bersedia bekerjasama untuk melayani penerbangan bagi warga masyarakat Cilacap, Banyumas dan Purbalingga. Sejauh ini produktivitas bandara Tunggul wulung telah melayani 17.266 penumpang selama kurun waktu 2014 dengan rute Cilacap – Halim Perdana Kusuma 3 kali sehari dan Cilacap Semarang 1 kali sehari.

Menuju rencana rencana pengembangan tersebut Bandara ini ditargetkan untuk melayani 175.400 penumpang dan landasan pacunya akan dibangun menjadi 1.600 x 30 meter dan beberapa penambahan fasilitas, peningkatan keamanan dan perluasan area bandara. 

Baca Juga

Bahaya Manfaat Kerokan

Mengenal Diabetes

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari CSR Perusahaan di  Cilacap

Goa Ratu Nusakambangan Indah dan Menakjubkan

Komunitas-di Cilacap yang Asyik danBermanfaat

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Cilacap Maret 2016

Jadwal SIM Keliling POLRES Cilacap

Batik Keren Cantik dan Unik dari Cilacap

Cara dan Syarat Mengurus SIM di POLRES Cilacap

Jenis Kilang dan Produk PT Pertamina Persero UP IV Cilacap

Bandara Tunggul Wulung akan menjadi Bandara Komersil

Tempat Wisata Nusakambangan

Cara mengurus STNK yang hilang

Klinik Bhina Husada 1 Menerima Pasien BPJS

menu Kuliner Cilacap yang Wajib Dicicipi

Keindahan Pantai Teluk  Penyu Cilacap

bandara tunggul wulung, bandara tunggul wulung cilacap 2016, perluasan bandara tunggul wulung, bandara di cilacap, Bandar Udara Tunggul Wulung Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Pembangunan bandara tunggul wulung, pengembangan bandara tunggul wulung cilacap, pembangunan 2016 cilacap, denah pelebaran kilang pertamina cilacap, Tunggul wulung cilacap